Monday, February 21, 2011

SUKSES MENJADI ENTREPRENEUR SEJATI

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Bpk.Andri Maadsa, dimana beliau adalah pembicara ketika saya mengikuti seminar dikampus dan banyak memberikan inspirasi terhadap saya tentang entrepreneur sejati.
Bicara sukses, siapa siih, yang gak ingin sukses ?? apalagi dalam segala hal ??
namun..terkadang banyak orang yang ingin sukses kilat !!
tau dongg..maksudnyaa…iyaa..seperti memperkaya dirinya dengan uang yang bukan haknya, yup!! Melakukan tindakan korupsi, atau bisa dibilang koruptor bagi yang melakukannya.
Namun kekayaan itu, dijamin gak akan membawa kenikmatan dalam dunia maupun akhirat, yaa jelas aja, setiap dia membelanjakan uang tersebut, pasti dalam hati nurani terkecilnya akan merasa bahwa itu bukan miliknya, tapii.. namanya juga nafsu dunia yag katanya bisa mengalahkan seruan hati terkecil itu.
Di akhirat?? Yaaa,,,pasti paham lah yaaa…yaitu PERTANGGUNGJAWABAN !
Hehehee :D

Ada beberapa alasasan mengapa ingin menjadi entrepreneur, diataranya :
  • ingin lebih kaya secara materi. Setinggi-tingginya gaji disebuah perusahaan, tapi kan tetap aja terbatas.meskipun kinerja kita tuh udah mengagumkan dan membuat perusahaan menghasilkan untung hingga triliunan rupiah,bahkan sampe dollar kali yaa,hehehe..tapi namanya juga pegawai,ya gaji tidak akan meningkat sepesat kenaikan laba perusahaan. Mungkin hanya dapat bonus, dan itupun mungkin Cuma setahun sekai, ya toh??
  • ingin lebih bebas.dengan berwirausaha, entrepreneur jelas lebih bisa leluasa. Ia bebas dari jam kantor yang ada batasannya. Sikap suka dan tidak suka terhadap atasan.dan lebih memiliki lebih banyak waktu luang.
  • ingin mewujudkan impiannya. Entrepreneur dapat secara langsung mengaplikasikan ide dan ilmu yang dimilikinya dengan lebih leluasa tanpa takut pada peraturan perusahaan.
  • KEPEPET.ada pepatah yang mengatakan. “orang yang kepepet cenderung kreatif”.

Namun, ada juga syarat menjadi entrepreneur yang sukses, misalnya :
  1. KOGNISI (pengetahuan) : VISIONER ( melihat & menciptakan peluang) ; sangat gila atau dengan kata lain, bervisi jauh kedepan. Bias memprediksikan apa yang orang lain tidak bnisa tembus/prediksikan. Selalu emmberikan yang terbaik.
  2. AFEKSI (sikap) : MANDIRI ( berjiwa pemimpin ), intinya adalah kebebasan atu independensi pribadi, mempunyai jiwa kepemimpinan yang besar sehingga menjadi pengatur orang lain.
  3. PSIKOMOTOR (tindakan) : BERANI ( mengambil resiko & tidak putus asa ) mempunyai 3 ciri yaitu selalu emngambil resiko tinggi dan sangat menyukai tantangan, dan tidak pernah putus asa.


5B MODAL AWAL SUKSES
  1. Berani bermimpi
  2. Berani merantau
  3. Berani mencoba / memulai, berwirausaha dari hal yang kecil.
  4. Berani gagal, seperti yang diaktakan oleh Abraham Lincoln : “berhasil itu, bukan berapa kali kita jatuh. Tetapi berapa kali anda bangkit dari kejatuhan tersebut”. Kurang lebih seperti itu.
  5. Berani SUKSES !!

STRATEGI MEMULAI USAHA
  1. Apa yang kita bisa (Basic Competence)
  2. Apa yang dibutuhan mereka (Market Oriented)
  3. Apa yang disekitar kita bisa
  4. Siapa yang disekitar kita bisa (Aliansi strategi)

STRATEGI MEMILIH USAHA
  1. Cari produk-produk yang tidak dipatok/dibandrol.
  2. Cari produk-produk pretise
  3. Cari produk yang mudah direkayasa.
  4. Rentang waktu di jualnya sepanjang hari.

So, untuk semua kawan-kawan yang ingin menjadi entrepreneur yang sukses, cobalah berwirausaha dari hal yang terkecil, giat, tekun dan yakin bahwa anda juga bisa sukses!!
Namun ingat, jangan pernah puas dalam berwirausaha, ciptakan kreasi-kreasi lain agar usaha anda tetap aktif di era yang akan datang.
Okeehh :D

0 comments:

Post a Comment