Sunday, October 28, 2012

TUGAS 2 Konsep Sistem Informasi Lanjut

PENJELASAN
Pada gambar diatas merupakan contoh pengisian KRS yang menggunakan Use Case diagram pada UML. Ada 3 Actor yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya yaitu  Mahasiswa, Petugas1 dan Petugas2. Lalu kita gunakan Use Case untuk mendeskripsikan kegiatan yang sedang berlangsung. kemudian gunakan Association antara Actor & Use Case mengindikasikan interaksi yang aktif. Lalu Include berfungsi sebagai pemanggilan Use Case oleh Use Case lain. Terakhir Extend berfungsi untuk perluasan dari Use Case apabila kondisi terpenuhi. Mahasiswa menyerahkan blangko ke Petugas1 lalu memeriksa blangko dan memanggil Mahasiswa. Lalu Mahasiswa mengisi KRS dengan membawa FRS, input NPM & tanggal lahir, pilih mata kuliah, lalu selesai input data KRS dan menyerahkan foto serta blangko. Petugas2 mencetak KRS dan mengecap foto pada KRS lalu menyerahkan KRS yang sudah jadi ke Mahasiswa.

INTEGRASI ANTAR SISTEM
Sistem pengisian KRS ini saling berintegrasi dengan sub sistem lainnya, misalnya dengan pendaftaran anggota perpustakaan, pendaftaran kursus, workshop, sidang, dan sebagainya. Karena jika mahasiswa tidak memiliki KRS, mahasiswa tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dan tidak dapat mengikuti ujian.

KELEBIHAN SISTEM
Kelebihan sistem ini adalah data yang diinputkan hanya berasal dari 1 sumber yaitu mahasiswa itu sendiri yang ia input secara manual. Lalu setelah mahasiswa menginput data, petugas 1 akan memeriksa blangko, dan petugas 2 mencetak KRS.

KEKURANGAN SISTEM
Kekurangan sistem ini adalah tidak adanya pengisian KRS secara online yang akan memudahkan mahasiswa dalam mengisi KRS. Mahasiswa harus datang mengantri ke loket PSMA sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Sehingga seringkali terjadi antrian yang cukup ricuh sehingga memakan waktu untuk mahasiswa yang mungkin ikut jadwal kelas lain dikarenakan pada sebelumnya ia tidak bisa hadir dalam pengisian KRS sesuai jadwal yang telahditentukan untuk kelasnya.


0 comments:

Post a Comment